>
menangkan $100 dari Agea

Meskipun Marketiva berganti nama menjadi AGEA, akan tetapi welcome bonus yang diberikan masit tetap yaitu $5, sehingga anda dapat memulai trading dengan modal Gratis dari Agea. uang bonus tersebut dapat anda tradingkan dan jadikan modal untuk meraih profit lebih besar. akan tetapi bonus tersebut tidak dapat di cairkan langsung karena biaya pencairan adalah $7 sekali bayar, sedangkan pencairan berikutnya tidak dipungut biaya. selain welcome bonus, program yang masih ada dalam agea adalah hadiah

Read more...
Cara cepat daftar di AGEA

  1. Open account AGEA (isi semua data dengan benar)
  2. Upload KTP/ SIM, serta bill yang tertera alamat anda ( rekening koran, air, listrik, bengkel) 
  3. Open  account ecurrency (skrill, webmoney)/ atau deposit dan penarikan dengan sistem wire tranfer (tranfer antar bank)

Read more...
Marketiva berubah nama jadi AGEA| username, password, link, url dan bonus, TETAP SAMA dengan marketiva
Broker terpercaya dengan platform MetaTrader

Bagi seorang trader yang sudah mulai memahami trading dan ingin meningkatkan kemampuan tradingnya, pasti sudah mengetahui software metatrader yang digunakan untuk trader, dalam metatrader terdapat berbagai fasilitas yang lengkap berupa indikator-indikator dan bahkan anda dapat membuat indikator sendiri dan dimasukkan ke metatrader,

Read more...
MasterForex: Broker terbaik Russia & CIS

Sekarang ini banyak sekali broker online bermunculan seiring pergembangan dunia pasar valas, sehingga para broker berlomba-lomba mencari nasabah agar menjadi broker yang terdepan. di indonesia sendiri banyak sekali broker-broker yang berkualitas terutama dari luar negeri, karena perkembangan pasar valas diluar negeri lebih

Read more...

16/03/12

Evaluasi startegi investasi dari index

banyak orang bertanya tetang investasi yang dia lakukan, apakah sudah berjalan efektif atau belum? dari pertanyaan tersebut dibutuhkan adanya tolok ukur atau acuan yang obyektif guna membandingakn antara tingkat imbal hasil dan kegiatan investasi yang telah dijalankan. satu di antara alat ukur pembanding yang obyektif, tersedia dipasar dan dapat diakses oleh investor adalah  dengan menggunakan indeks. dalam kaitanya indeks dengan dunia investasi adalah:

Mengenal indeks
di pasar modal serta keuangan kita mengenal istilah indeks harga saham, meskipun sebenarnya indeks bukanlah dimonopoli oleh pasar saham saja, akan tetapi juga digunakan dibeberbagai pasar lain seperti obligasi maupun pasar valas. hal ini sebenarnya tidak mengherankan krena indeks pertama yang digunakan dibidang keuangan dan pasar modal, memang indeks harga saham. adalah Charles H Dow, seorang wartawan rubrik keuangan, yang menjadi orang pertama dalam memeperkenalkan pengguna indeks dalam memantau harga saham di amerika pada tahun 1896.

Indeks yang dikenalkannnya adalah cikal bakal dari indeks Dow Jones industrial average (DJIA), sebuah harga indeks harga saham yang banyak diacu oleh para plaku keuangan dunia hingga saat ini.

indeks sendiri adalah indikator statistik yang menunjukkan besar kecilnya perubahan dari suatu obyek tertentu. indeks harga saham akan memberikan gambaran mengenai besar kecilnya perubahan pada harga di pasar saham dalam satu periode tertentu. gambaran mengenai seberapa besar pasar obligasi bergerak naik atau turun juga dapat diperoleh dengan mengganti besar kecilnya perubahan angka indeks harga obligasi.

sebuah angka indeks dihasilkan dari serangkaian perhitungan yang mengkaitkan antara harga pada hari ini dengan harga di hari sebelumnya,sehingga dapat diperoleh gambaran bahwa harga hari ini lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan dengan hari sebelumnya.

biasanya indeks akan banyak memeberikan penjelasan yang banyak mengenai instrumen keuangan yang diikutkan dalam perhitungan indeks tersebut, sebagai contoh misalnya perhitungan indeks harga saham LQ45 yang diterbitkan bursa efek indonesia beranggotakan 45 saham yang dianggap paling likuid di bursa saham saat ini, dan indeks harga saham kompas100 merupakan hasil dari perhitungan  100 saham yang dianggap paling menggambarkan pergerakan harga saham di bursa efek indonesia.

sehingga dengan menggabungkan metodologi perhitungan indeks dengan pilihan instrumen pasar modal serta keuangan yang dimasukkan dalam perhitungan tersebut, maka indeks diharapkan dapat memberikan suatu gambaran yang akurat mengenai kondisi dan arah pergerakan dari pasar yang mutakhir pada suatu instrumen investasi.

semua angka indeks dapat dimulai dari angka 100. sehingga hanya dengan mengetahui angka terakhir, dengan mudah diketahui seberapa besar kenaikan ataupun penurunan nilai dari pasar yagn digambarkan oleh indeks itu sendiri. bila kita mengetahui bahwa indeks harga saham kompas100 ditetapkan pda angka 100, pada tanggal 10 agustus 2002 dan kita tahu angka indeks tersebut pada tanggal 10 agustuts 2011 berada ditingkat 881,45 maka kita akan tahu bahwa harga saham yang diperdagangkan dibursa efek indonesia telah meningkat 8 kali lipat disepanjang periode tersebut.

contah dapat dilihat di gambar diatas, jika kita mengathui indeks total return obligasi korporasi IBPA ditetapkan pada angka 100 pada tanggal 4 januari 2010 dan kita tahu angka indeks tersebut pada tanggal 23 desember 2011 berada ditingkat 123.2311, maka kita akan tahu bahwa pasar obligasi korporasi indonesia telah memberikan imbal hasil (return), bagi investornya sebesar 23,23% disepanjang periode tersebut.

indeks sebagai acuan evaluasi investasi
dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa indeks didunia pasar modal dan keuangan adlah indikator suatu perubahan yang dapat memberikan sebuah gambaran megenai apa yang sudah terjadi dipasr. dengan demikian kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis yagn diajukan pada awal artikel ini.

berbekal indeks, yang merupakan ukuran obyektif sebagai acuan atau pembanding dari hasil investasi yang sudah diperoleh, maka akan sukses atau tidaknya sebuah strategi investasi bisa diukur secara obyektif.

misalnya, pada ilustrasi dibawahini, dalam tampilan grafik tersebut terlihat bhwa indeks harga saham gabungan ( garis biru), pada tanggal 23 desember 2011 menunjukkan angka +5%, atau bergerak dari angka indeks 3,217.95 pada 23 desember 2010 dan berakir pada 4,195.72 pada tanggal yagn sama tahun 2011. sedangkan disisi lain, harga saham PT telkom tbk. (garis hijau), mengalami penurunan hingga hampir 10%.
andaikan seluruh dana investasi milik seorang investor hanya dibelikan saham TLKM saja, maka bisa dikatakan investor tersebut mengalami kerugian ganda pda akhir periode. kerugian yang pertama adalah bahwa nilai dana investasinya turun hingga hampir 10%. sementara kerugian kedua yaitu investor tersebut kehilangan kesempatan untuk meningkatkan nilai investasinya sebesar hampir 5%, bila dibelikan saham selain TLKM dalam periode tersebut.

berdasarkan evaluasi diakhri perode diatas, dapat diketahui bahwa investor tersebut tidak brhasil dengan strategi investasinya. bahkan bisa dikatakan "sudah jatuh tertimpa tangga pula" karena ia mengalami kerugian dari penurunan saham TLKMnya dan tidak menyadari bahwa ada saham-saham lain yagn harganya justru sedang naik dengan pesat. suatu kondisi yang dapat dihindari apabila investor tersebut memahami cara memonitro investasiny dengan menggunakan indeks yang tersedia dipasar.

indeks sebagai alat monitor
investor dalam ilustri gamarb diatas, sebenarnya jangan menunggu hingga akhir tahun dalam melakukan investasi atas aktivitas investasinya. karena indeks jgua merupakan indikator yang cukup efektif dalam membantu investor untuk memonitor investasi yang sedang dialkukan secara berkala.

andaikan investor tersebut rajin mengamati indeks IHSG setiap bulan dan senanitasa membandingkan dengan harga saham TLKM yang dipergannya diperode tersebut, maka ia akan sadar mengenai pertumbuhan investasi disaham TLKM pada tanggal 11 maret 2011 sudah turun dan secara terus-menerus dbawah rata-rata harga saham yang ditransaksikan di bursa efek indonesia.

sedangkan sisi lainya , hingga tanggal 11 maret 2011, IHSG terlihat terus naik secara konsisten. kenaikan angka indeks tersebut menunjukkan bahwa banyak saham-saham lain yang justru tengah naik tajam.

dengan berbekal informasi yang disajikan oleh indeks IHSG, maka investor tersebut dapat mulai mencari saham-saham lain yang menyebabkan indeks IHSG tersebut naik. caranya adalah dengan mencari dafatar saham yang iikut sertakan dalam perhitungan IHSG, dan mengamati pergerakan saham yang berpengaruh besar terhadap pergerakannya.

dari analisis terhadap saham yang menjadi anggota dalam perhitungan indeks IHSG, investor akan menemukan saham lain yang berpotensi memberikan keuntungan. dan bukan tidak mungkin investor tersebut dapat mengambil keputusan untuk menjual saam TLKM dan membeli saham lain seperti yang terlihat pada ilustrasi gambar dibwah ini.
pada ilustrasi diatas, setelah pengamatan dan analisa mendalam terhadap saham apa saja yang sangat mempengarhui IHSG, maka investor tersebut memutuskan menjual saham TLKM dan membeli saham ASII pada bulan maret 2011.

setelah pembelian saham ASII, investor juga tetap perlu melakukan benchmarking (membandingkan) harga saham ASII terhadap IHSG secara berkala. tujuannya adalah agar dapat mengantisipasi bila ada kejadian-kejadian yagn mengharuskan investor tersebut untuk kembali mencari saham lain untuk menggantikan saham ASII.

bila investor tersebut disiplin dalam melakukan evaluasi secar berkala. maka pada akhir periode, tidak saja investor terhindar dari kerugian ganda seperti yang digambar di atass, bahkan juga memperoleh hasil investasi yang relatif sangat besar yaitu hampir mencapai 40% pertahun.

Artikel yang Anda Cari:

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk berlangganan "Masukkan Email anda"

Delivered by FeedBurner